Resmi! KONI Memasukkan Esports Sebagai Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia!


pict dok Tribunews.com

MobaGenie, - Kabar gembira bagi pegiat olahraga digital aka Esports atau Elektronik Sports pasalnya baru-baru ini Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai badan badan yang menaungi Olahraga Nasional resmi memasukkan atau mengakui Esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. 

Seperti kita tau, Esports di Indonesia belakangan memang sedang berkembang pesat baik dari level Nasional maupun level Internasional. dari level Internasional yang terbaru ada EVOS Esports yang meraih gelar juara Dunia di ajang M1 World Championship, kejuaraan Dunia Mobile Legends. prestasi lainnya ada dari Game PUBG Mobile dimana Bigetron Esports menjuarai kompetisi tingkat Global yaitu PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019 lalu.

Bahkan menurut data Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association ada sekitar 60 juta pemain game mobile di Indonesia, yang diperkirakan akan mencapai angka 100 juta di tahun 2020.

Potensi besar tersebut sepertinya tidak mau disia-siakan begitu saja oleh pemerintah, terbukti dengan dimasukannya Esports sebagai cabang resmi Olahraga Nasional pada REAKERNAS KONI beberapa hari lalu. 

hal tersebut disampaikan oleh Ketua Hubungan Masyarakat PB Esports Indonesia (ESI) Ashadi Ang dalam siaran persnya, pada hari Jumat kemarin menjelaskan dimana penetapan itu dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020.

Selain memasukkan Esport pada Cabang Olahraga resmi Nasional, dalam Rapat Nasional (RAKERNAS) tersebut juga meresmikan PB Esports Indonesia sebagai badan resmi pemerintahan yang menaungi esports di bawah KONI.

lebih lanjut, dalam Rapat tersebut Bambang Sunarwibowo selaku Pengurus Besar Esports Indonesia mengutarakan Esports layak masuk cabang olahraga resmi Nasional dikarenakan menurutnya esports menuntut kecepatan, ketangkasan, strategi dan tenaga seperti pada olahraga pada umumnya.

Selain hal tersebut, Bambang mengatakan esports saat ini sudah banyak dipertandingkan pada kegiatan nasional bahkan internasional, salah satunya pada Asian Games 2018 dan Sea Games 2019.

dukungan pun datang dari Ade Lukman selaku sekretaris KONI Pusat terhadap esports di Indonesia.

"KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," katanya.

Dengan adanya pengakuan tersebut, Esports bakal diikutsertakan pada kompetisi Olahraga resmi tingkat Nasional di Indonesia Seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) . 

MobaGenie/Tempo.Co

TAG:

Related

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah ariktel